Kamis, 26 Maret 2020


Investasi yang artinya menanamkan modal, saat ini memang tengah menjadi tren. Pada era teknologi saat ini, untuk mendapatkan jenis investasi yang menguntungkan bukanlah hal yang sulit. Banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih, yang sulit adalah menentukan jenis investasi yang cocok dengan passion masing-masing.


Selain jenisnya, dalam belajar investasi Anda juga harus memperhatikan cara investasi yang dilakukan. Jangan sampai Anda menyepelekan hal-hal kecil yang dapat mengakibatkan kerugian pada investasi Anda. Berikut adalah jenis investasi yang dapat Anda lakukan beserta dengan caranya.

Jenis Investasi yang Menguntungkan

1.     Investasi Properti
Properti dapat menjadi pilihan investasi Anda, sebab umumnya nilai dari properti selalu bertambah. Properti yang sering digunakan adalah tanah, real estate, apartemen, rumah, dan sebagainya. Dalam berinvestasi properti memang membutuhkan modal yang cukup besar, akan tetapi keuntungan yang akan diperoleh juga sangat besar jika dilakukan dengan strategi yang benar.
2.     Investasi Emas
Berinvestasi dalam bentuk emas juga cukup menguntungkan, karena memiliki likuiditas tinggi. Nilai emas yang terus bertambah dari waktu ke waktu, menyebabkan banyak orang yang menggunakan emas sebagai alat investasi. Cara investasi emas pun cukup mudah yaitu membeli emas  kemudian menjualnya ketika Anda membutuhkan uang atau harganya sedang tinggi.
3.     Investasi Saham
Bagi Anda yang menyukai tantangan, saham dapat menjadi pilihan terbaik untuk berinvestasi. Kelebihan dari investasi saham adalah tercapainya capital gain atau nilai jual saham berada di atas nilai beli. Sedangkan risikonya yaitu ketika Anda membutuhkan dana dan terpaksa harus menjual saham saat harga jualnya di bawah harga beli maka Anda akan mengalami pailit.
4.     Investasi Tabungan dan Deposito
Apabila Anda menginginkan investasi yang aman, tabungan dan deposito dapat menjadi pilihan. Dari jenis investasi yang lain, investasi dalam bentuk ini memiliki risiko paling minim. Keuntungan yang akan Anda dapatkan pun jelas, sesuai dengan bunga tabungan atau bunga deposito yang berlaku.
5.     Peer to Peer Lending
Jenis ini dapat Anda lakukan dengan menyalurkan dana kepada peminjam. Sebenarnya, cara ini bukan sepenuhnya berbentuk investasi melainkan sarana peminjaman modal kepada masyarakat. Penyalur dana akan mendapat keuntungan dari imbalan pinjaman tersebut. Akan tetapi, sebelum menjalani cara ini Anda harus memahami cara kerja investasi online peer to peer lending terlebih dahulu.

Cara Investasi yang Aman dan Benar
1.     Lebih cepat lebih baik
Untuk berinvestasi tidak harus mapan, tetapi dengan investasi dapat menjadikan Anda mapan.
2.     Membagi modal ke beberapa aset
Cara ini dikenal dengan diversifikasi, bertujuan untuk mencegah kegagalan total apabila kerugian terjadi pada salah satu aset.
3.     Memilih investasi yang tepat
Setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan Anda.
4.     Mulai investasi dengan jumlah kecil
Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, jangan langsung melakukan investasi dengan jumlah yang besar. Mulailah sedikit demi sedikit sampai Anda memiliki performa yang baik dalam berinvestasi.

Investasi tidak hanya dapat dilakukan oleh orang kalangan atas saja, semua orang dapat berinvestasi sesuai passion-nya masing-masing. Namun perlu diingat bahwa dibutuhkan modal untuk memulai sebuah investasi dan keyakinan serta strategi yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts