Rabu, 28 Agustus 2019

Mengawali usaha sendiri atau profesinya jadi wiraswasta dapat jadi pekerjaan yang menjanjikan sekarang khususnya buat anak muda. President of International Council for Small Business (ICSB) Ahmed Osman menjelaskan, generasi muda butuh memerhatikan banyak hal saat mengawali usaha baru.



Pertama, harus banyak belajar dari beberapa orang yang sudah mempunyai pengalaman dalam bagian yang dicari. Menurut Ahmed, berhubungan dengan beberapa orang yang lebih tua itu penting, untuk menggali pengalaman hidup mereka.

"Pendapat saya pada anak muda, ialah untuk banyak membaca perbanyak berhubungan dengan beberapa orang tua. Sebab, orangtua itu mempunyai pengalaman hidup yang membuat Anda dapat belajar darinya," kata Ahmed dalam seminar International Lecture on Innovation di Kampus Al Azhar Indonesia, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Ke-2, Ahmed menjelaskan, untuk mengawali satu usaha paling tidak harus mempunyai dikit pengalaman atau sekurang-kurangnya pengetahuan dari beberapa orang yang lebih senior.

"Kemudian yang hal penting dalam berwiraswasta ialah pengalaman. Sebab, mengawali usaha itu penting, berwiraswasta itu penting, tetapi Anda harus mempunyai pengalaman yang cukup. Saya lihat banyak anak muda yang mengawali bisnisnya, tetapi sebelum mereka sukses telah tidak berhasil," tutur Ahmed.

tahap selanjutnya yaitu ketahui pasar. Menurut Ahmed, mengawali usaha tidak dapat cuma berpegangan pada inspirasi yang inovatif atau inspirasi yang cemerlang. Dan juga harus mempunyai inspirasi yang bisa bertahan di periode panjang hingga bisa diterima di pasar.

"Banyak anak muda yang mengawali usaha serta senang dengan inspirasi mereka yang cemerlang, tetapi mereka tidak mengerti bagaimanakah cara bekerjanya pasar. Meskipun Anda membuat suatu serta Anda berpikir inspirasi itu ialah inspirasi paling baik di dunia, tetapi tidak ada yang menyenanginya, ya Anda tidak berhasil. Banyak yang mempunyai inspirasi cemerlang tetapi tidak bisa mendapatkan market, sebab mereka cuma mempunyai inspirasi yang cemerlang, bukan inspirasi yang bertahan di periode panjang," terangnya.

Utamanya mempersiapkan semuanya untuk berwiraswasta menurut Ahmed harus dikerjakan. Lihat keadaan sekarang, kata Ahmed, dimana populasi anak muda ada 1,8 miliar jiwa di dunia, serta mereka itu saling memerlukan pekerjaan. Tetapi lowongan pekerjaan yang ada belum pasti cukup untuk penuhi keperluan anak muda di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts