Jumat, 30 Agustus 2019

Lihat anak rekan yang berlaku manis serta rajin berdoa kok teduh sekali ya, Bun. Hmmm, tentu ada kemauan anak kita pintar mengucapkan syukur serta menghormati apa yang dipunyainya, dan jadi pribadi yang suka share.



Nah, jika Bunda ingin mempunyai anak yang pintar sukur, memang diperlukan kesabaran dalam mendidiknya. Kesadaran selalu untuk mengucapkan syukur tidak hadir dengan sendirinya. Mereka harus dilatih berkali-kali dengan memberikannya contoh yang baik semenjak umur awal, Bun.

Jangan dahulu mengajarinya dengan beberapa hal yang berat ya. Dengan cara simpel juga Bunda dapat memperkenalkan ide mengucapkan syukur pada mereka. Contohnya nih, Bunda bisa melatih anak berterima kasih atau Alhamdulillah atas anugerah yang diterimanya berbentuk apapun.

Telah mengajarkan si kecil hal sederhana itu, Bun? Benar-benar gampang diterapkan, Barbara Lewis, penulis What Do You Stand For? For Kids ini menjelaskan jika cara tersebut dapat dibuktikan banyak faedahnya lho. Salah satunya, anak bisa menjadi pribadi yang penuh penghargaan diri di masa datang. Mereka juga benar-benar sadar untuk berterima kasih, berpuas diri atas apa yang dipunyai serta menghormati usaha keras.

"Ide sukur ini sebetulnya jadi satu diantara ide paling susah untuk di ajarkan pada balita serta anak pra-sekolah,"tuturnya.

Beberapa anak yang tidak diajari mengucapkan syukur selanjutnya terus-terusan merasakan sedih atas apa yang diterimanya. Hal berlainan akan ditampakkan beberapa anak yang mempunyai perasaan penuh sukur. Mereka terlihat lebih mengerti serta terima atas apapun yang dipunyainya.

"Beberapa anak yang mengucapkan syukur akan terlihat lebih sopan serta menyenangkan. Mereka lebih sensitif pada perasaan orang serta lebih empati,"kata Lewis, diambil dari Parents.

Memang, Bun, memberikan anak perasaan mengucapkan syukur tidak langsung kelihatan. Tapi efeknya akan berasa selama hidup mereka di masa datang. Satu studi di University of California tunjukkan jika beberapa orang yang pintar mengucapkan syukur kelihatan lebih bahagia serta mempunyai optimisme tambah tinggi dan tingkat depresi yang rendah.

"Tidak ada satu orang yang dilahirkan dengan perasaan mengucapkan syukur,"kata Mary Jane Ryan, penulis Attitudes of Gratitude.

Mengajarkan anak mengucapkan syukur dapat diawali dari langkah paling simpel. Diambil dari All Pro Dad, di bawah ini cara-cara yang dapat dikerjakan untuk melatih anak untuk mengucapkan syukur.

Katakan rasa terima kasih sebelum makan

Rasa terima kasih ini akan terlatih dengan latihan yang terus-terusan. Jangan menganggap sepele, khususnya saat akan melahap makanan. Katakan Thanks God, terima kasih, atau Alhamdulillah, adalah basic dari kehidupan yang penuh sukur, Bun.

Lakukan anak untuk lihat fakta

Kadang-kadang, bawa serta beberapa anak untuk lihat kehidupan orang yang mungkin tidak seberuntung mereka. Contohnya, ke pemukiman beberapa orang miskin, wilayah yang terserang musibah, dan lain-lain. Perlihatkan jika apa yang dirasakannya sekarang tambah lebih baik dibanding yang dihadapi beberapa orang itu. Waktu anak terlatih lihat keadaan itu, mereka akan makin mengucapkan syukur dengan apa yang dirasakannya sekarang.

Syukurlah pada orang-tua

Yakinkan untuk mengajari anak supaya tetap mengucapkan syukur atas apa yang dipunyainya serta diberi orang tuanya sampai kini. Ajari mereka untuk mengungkapkannya seringkali dalam sehari-harinya mereka.

Ajari mereka menyukai Tuhan

Beri pemahaman pada anak jika sumber dari semua yang kita syukuri datang dari pemberian Tuhan. Ajari mereka untuk selalu menyukai Tuhan, yang memberi semuanya pada kita sampai kini.

Ajari mereka untuk bermurah hati

Kemurahan hati bisa direalisasikan dengan mengajarkan anak berlaku dermawan, tidak kikir, serta suka share untuk beberapa orang di sekelilingnya yang memerlukan.

Ingat ya, Bun, anak tetap mencontoh apa yang dikerjakan orang tuanya dalam semuanya, terhitung bagaimana mensyukuri semua anugerah yang kita terima. Jadi, terus jadi role mode paling baik khususnya dalam mengajari rasa terima kasih serta penuh sukur pada mereka. Selamat coba.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts